Yuk Flashback Ingatan!! Tentang Asas-Asas Hukum Pidana

Hai sahabat yuridisID, kali ini kita akan flashback ingatan sejenak tentang asas-asas dalam hukum pidana. Mari baca penjelasan berikut ini :

  1. Asas Universalitas merupakan asas yang menyatakan setiap orang yang melakukan perbuatan pidanan dapat dituntut undang-undang hukum pidana Indonesia di luar wilayah Negara untuk kepentingan hukum bagi seluruh dunia. Pada intinya menentukan bahwa ketentuan-ketentuan hukum pidana indonesia berlaku bagi siapa saja, termasuk orang-orang asing yang di luar indonesia. (KUHP Pasal 4 sub 4)
  2. Asas Perlindungan (Nasional Pasif) adalah asas yang memperluas berlakunya ketentuan-ketentuan hukum pidana indonesia di luar wilayah indonesia berdasar atas kerugian nasional amat besar yang diakibatkan oleh beberapa kejahatan sehingga siapa saja yang termasuk orang asing yang melakukannya dimana saja pantas dihukum oleh Pengadilan Indonesia. (Pasal 4 ayat 1 KUHP)
  3. Asas Nasional Aktif (Personal) merupakan ketentuan hukum bagi warga indonesia yang melakukan tindak kejahatan di luar wilayah indonesia. Asas ini disebut nasional aktif karena berhubungan dengan keaktifan berupa kejahatan dari seorang warga negara. (Pasal 5 KUHP)
  4. Asas Teritorial adalah asas yang menganggap hukum pidana di indonesia berlaku di wilayah republik indonesia, siapapun yang melakukan tindak pidana.(Pasal 2 KUHP)
  5. Asas Legalitas adalah asas yang menyatakan bahwa suatu perbuatan tidak dapat dipidana, kecuali berdasarkan kekuatan ketentuan perundang-undangan pidana yang telah ada. (Pasal 1 ayat 1 KUHP)

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

Sumber : KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

Anda mungkin juga berminat