Majalah Varia Peradilan Cover

Wanprestasi Jual-Beli Saham

Kategori: Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Surakarta

Nomor: 17/Pdt.G/1999/PN. Ska

Tanggal: 6 Juli 1999

Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di Semarang

Nomor: 480/Pdt/1999/PT.Smg

Tanggal: 17 Februari  2000

Mahkamah Agung RI

Nomor: 205.K/Pdt/2001

Tanggal: 31 Januari 2003

Catatan:

  • Abstrak Hukum yang dapat diangkat dari putusan Mahkamah Agung tersebut diatas, sebagai berikut:
  • Hubungan hukum dalam jual beli saham/effek telah terjadi antara “PT. Layang Mega Securitis” dengan Tn. Jong Jang Siong, yang kemudian melalui putusan Judex Facti, ia dinyatakan wanprestasi dan ia (Tergugat I) bersama Tergugat II (istrinya) dihukum secara tanggung renteng untuk membayar harga saham yang belum dilunasi ditambah dengan bunga dan dendanya kepada Penggugat.
  • Putusan Judex facti tersebut dibatalkan oleh putusan Mahkamah Agung dengan alasan juridis : bahwa hubungan hukum jual-beli saham tersebut terjadi antara “PT. L.M. Securitis” dengan Tergugat I (Tn. Jong Jang Siong), sedangkan Tergugat II sebagai istri dari Jong Jang Siong Tergugat I, terbukti “tidak ikut serta” dalam hubungan hukum jual beli saham tersebut, sehingga secara juridis, istrinya (Tergugat II) tidak dapat dipertanggungjawabkan secara tanggung renteng dengan suaminya (Tergugat I) untuk ikut serta membayar hutang Tergugat I kepada Penggugat.

Dengan alasan Juridis tersebut maka gugatan terhadap Tergugat II (istri), haruslah dinyatakan ditolak.

  • Demikian catatan kasus ini

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.235.Tahun. XX . April.2005. Hlm.112

Putusan Tersedia : Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Anda mungkin juga berminat