Majalah Varia Peradilan Cover

Tuntutan Uang Santunan Asuransi Masalah Polis Ditulis Bahasa Asing

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta
Nomor Register: 124/Pdt/G/1984
Tanggal Putusan : 9 Oktober 1984

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta
Nomor Register: 191/Pdt/1985
Tanggal Putusan : 13 Juli 1985

Mahkamah Agung RI
Nomor Register: 3726.K/Pdt/1985
Tanggal Putusan : 30 Juni 1988

Catatan Redaksi:

  • Dari kasus yang kami bahas ini dapat diangkat “abstrak hukum” yang digali dari putusan Mahkamah Agung tersebut di atas yaitu:
    “Bilamana suatu polis asuransi, yang ketentuan dan syaratnya dalam polis tersebut ditulis dalam bahasa asing (Inggris), kemudian claim yang diajukan oleh ahli waris Tertanggung (Benefeciary) ditolak oleh Maskapai Asuransi (Penanggung), maka gugurnya (kadaluwarsa) hak menggugat di Pengadilan karena penolakan tersebut, dihitung mulai hari dan tanggal pihak Benefeciary tersebut mulai mengerti dan memahami tentang syarat dan ketentuan yang dicantumkan dalam polis berbahasa asing itu, melalui penerjemah resmi dan tersumpah.
  • dari kasus ini kita juga dapat mengetahui, bahwa seseorang yang telah menderita sakit, kemudian terjatuh di rumahnya dan kepalanya terbentur pada kursi, pendarahan dalam otaknya, sehingga meninggal dunia, menuntut tafsiran dan pendirian judex facti yang dibenarkan MA-RI, adalah termasuk dalam pengertian: mati akibat kecelakaan karena tabrakan, sebagaimana yang disebutkan dalam polis. Nampaknya kata: “tabrakan”, di sini diberi arti luas, tidak hanya terbatas pada tabrakan dalam/dengan mobil, dapat juga tabrakan lainnya.
  • segi lain yang menarik dari putusan MA-RI ini adalah: bilamana putusan judex facti pertimbangan hukumnya saling kontradiktip, merupakan alasan untuk membatalkan putusan judex facti tersebut.
  • Demikian beberapa catatan atas kasus ini.

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.44.Tahun. IV. Mei.1989. Hlm. 29

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri, Pengadilan TInggi & Mahkamah Agung RI 

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat