Suatu Gugatan Perdata Harus Dilandasi Kepentingan Hukum

 

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Nomor : 591/1976/G

Tanggal 29 Maret 1979

Pengadilan Tinggi Jakarta

Nomor 661/1981/PT.Pdt

Tanggal : 20 September 1983

Mahkamah Agung RI

Nomor: 1357.K/Pdt/1984

Tanggal : 27 Februari 1986

Catatan:

  • Mahkamah Agung RI telah membatalkan putusan judex facti, dengan pertimbangan yang pokoknya sbb:
  • Bahwa gugatan Penggugat ternyata tidak dilandasi oleh kepentingan hukum dari pihak Penggugat atau landasan kepentingan hukum Penggugat didalam surat gugatan amat kabur. Karena pihak Penggugat sebagai – Persero Commanditer berkedudukan sebagai pihak stile vennoot, bukan sebagai beherend vennoot, seharusnya ia tidak perlu menghalangi perbuatan Tergugat I dalam menjalankan pabriknya tersebut. Sebab dengan dibentuknya suatu “CV. Air Mas”, dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan dimana untuk itu perusahaan tersebut harus dijalankan.
  • Bahwa dengan pendirian diatas, maka berdasar atas Asas-asas Hukum Acara Perdata yang berlaku Umum yaitu seseorang yang akan mengajukan suatu gugatan perdata harus dilandasi suatu kepentingan yang cukup, dan karena ternyata dari posita dan petitum surat gugatan, tidak ternyata adanya kepentingan yang dimaksud atau se-tidak-tidaknya kabur, maka gugatan Penggugat ini harus dinyatakan tidak dapat diterima.

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No. 15. April.1986. Hlm.29.

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tinggi (PT) dan Mahkamah Agung RI (Kasasi).

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat