Majalah Varia Peradilan Cover

Putusan Mahkamah Agung Di Palsukan

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri di Surabaya

Nomor : 07/Pid.B/Ek/1988

Tanggal : 21 Juni 1989

Mahkamah Agung RI

Nomor : 1805.K/Pid/1989

Tanggal :21 Maret 1990

Catatan:

  • Putusan Mahkamah Agung RI tersebut diatas, telah dipalsukan, sehingga amar putusan-nya berbunyi yang pada pokoknya sebagai berikut :

Terdakwa tidak bersalah melakukan tindak pidana yang didakwakan.

Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan.

Barang bukti 146 ton rotan dikembalikan kepada terdakwa.

  • Kepalsuan surat putusan Mahkamah Agung RI ini terungkap beberapa waktu lamanya, setelah advokat terdakwa mengadakan konperensi pers yang memberikan informasi bahwa putusan Mahkamah Agung telah membebaskan terdakwa dari semua dakwaan.

Kejaksaan sempat mengeksekusi putusan Mahkamah Agung yang palsu ini.

  • Setelah kasus ini menjadi isu nasional, maka Direktur Pidana Mahkamah Agung, turun ke Surabaya menemui Pengadilan Negeri Surabaya Seseorang dan Pengadilan Tinggi Jawa Timur, sambal membawa “asli putusan Mahkamah Agung”, untuk meneliti turunan putusan Mahkamah Agung yang tersimpan di Pengadilan Negeri. Akhirnya ketahuan putusan yang ada disimpan Pengadilan Negeri Surabaya adalah putusan Mahkamah Agung yang palsu. Dengan memakai putusan asli Mahkamah Agung RI (yang dibawa oleh Team Direktur Pidana tersebut) akhirnya terdakwa Toni Goritman di – eksekusi oleh pihak Kejaksaan sesuai dengan amar putusan Mahkamah Agung RI yang asli.
  • Demikian catatan redaksi.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No. 64. Tahun. VI.Januari. 1991. Hlm. 60

Putusan Tersedia :  Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Anda mungkin juga berminat