Majalah Varia Peradilan Cover

Problema Yuridis Bisnis Mobil Bekas Pakai Di Show Room

Kategori : Putusan Terpilih 

Pengadilan Negeri di Surabaya 

Nomor : 371/Pdt.G/1988/PN. Sby 

Tanggal : 26 November 1988 

Pengadilan Tinggi Jawa Timur di Surabaya  

Nomor : 129/Pdt /1989/PT.SBY 

Tanggal : 12 Jumi 1989 

Mahkamah Agung RI  

Nomor : 3579.K/Pdt/ 1989 

Tanggal : 27 November 1990 

Catatan : 

  • Dari Putusan Majelis Mahkamah Agung RI terhadap kasus ini, maka kita dapat mengangkat “ABSTRAK HUKUM” sebagai berikut : 
  • Kepolisian Negeri RI cq. Direktorat Lalu Lintas Kepolisian, yang telah menahan kembali barang bukti, berupa mobil (yang menurut putusan Hakim Pidana harus diserahkan kembali kepada pemiliknya yang terakhir), disamping itu, Kepolisian juga menolak memutihkan atau menerbitkan surat yang baru (S.T.N.K. dan B.P.K.B.) untuk mobil (barang bukti hasil suatu kejahatan) yang telah dibeli oleh para pembali dengan itikad baik dari suatu “Show Room Mobil”, maka perbuatan/tindakan dari Kepolisian Negeri RI cq. Direktorat Lalu Lintas tersebut adalah merupakan suatu – “Perbuatan Melawan Hukum” atau “ONRECHT MATIGEOVERHEIDSDAAD” ex pasal 1365 Burgerlijk Wetbook (B.W. Indonesia). 
  • Akibarnya, pihak Kepolisian diwajibkan oleh Pengadilan untuk : 
  1. Memberi ganti rugi uang selama mobil tidak dapat dipakai oleh Pemiliknya. 
  1. Memutihkan atau menerbitkan “surat yang baru” (S.T.N.K. dan B.P.K.B) untuk mobil hasil kejahatan yang dibeli di Show Room dengan itikad baik. 
  • Dalam kasus ini berlaku “Asas Hukum” bahwa pembeli yang beritikad baik (good faith) membeli barang (mobil) disuatu Toko (Show Room) dengan harga pasar pada umumnya, maka bila kemudian terbukti bahwa barang tersebut adalah hasil suatu kejahatan, maka pembeli yang beritikad baik ini, harus mendapat perlindungan hukum. 
  • Putusan yang bersifat “uitvoerbaar hij vooraad” dapat dijatuhkan oleh judex facti, bilamana menurut penilaiannya telah memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam pasal 180 H.I.R. Dalam arti putusan tersebut didasarkan atas alat bukti yang authentik, sehingga putusan tersebut tidak akan dibatalkan lagi dalam pemeriksaan tingkat banding atau kasasi. 
  • Demikian Catatan Redaksi. 

Sumber : 

Majalah Hukum Varia Peradilan No.69. Tahun VI . Juni 1991 . Hlm. 40-41  

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri & Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi) 

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat