Majalah Varia Peradilan Cover

Perjanjian Terselubung Jual Beli Tanah Dengan Hak Beli Kembali

 

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Yogyakarta
Nomor Register: 36/1977/Pdt/G
Tanggal Putusan : 4 September 1979

Pengadilan Tinggi D.I. Yogyakarta
Nomor Register: 86/1981/Pdt
Tanggal Putusan : 29 Januari 1982

Mahkamah Agung RI (Kasasi)
Nomor Register: 2650.K/Sip/1982
Tanggal Putusan : 20 September 1983

Mahkamah Agung RI (Peninjauan Kembali)
Nomor Register: 78.PK/Pdt/1984
Tanggal Putusan : 9 April 1987

Catatan Redaksi:

  • Dari putusan Mahkamah Agung RI dalam perkara perdata dengan cara Peninjauan Kembali (request civil) ini, kita dapat mengangkat “Abstrak HUkum” demikian:
    1. Akta Notaris yang dibuat dengan materi “Suatu Perjanjian Hutang-Piutang uang dengan jaminan tanah/rumah”, yang dibungkus sebagai suatu Perjanjian Jual-Beli Tanah dengan Hak Membeli Kembali (loop en verkoop met recht van wederinkoop) yang kemudian diikuti dengan dibuatnya “Surat Kuasa Mutlak” (onherroepelijk volmacht) dengan tujuan digunakan untuk melakukan peralihan hak atas tanah dari debitur kepada Kreditur, bilamana debitur wanprestasi, maka hal yang demikian itu adalah merupakan suatu “perjanjian semu/pura-pura” dan harus dinilai sebagai suatu “Perjanjian Hutang-Piutang dengan jaminan”. 

    2. “Perjanjian Jual Beli Tanah dengan Hak Membeli Kembali” ini diatur dalam pasal 1519 BW. Hubungan hukum yang demikian ini tidak dikenal dalam sistim Hukum Adat. Oleh karena Hukum Adat menjadi dasar Undang-Undang Pokok Agraria, maka peralihan hak atas tanah (Jual Beli dihadapan PPAT) tidak dikenal bentuk perjanjian Menjual Tanah dengan Hak Membeli Kembali

  • Demikian catatan dari putusan tersebut.

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.48.Tahun. IV. September.1989. Hlm. 70

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri & Mahkamah Agung RI (Kasasi dan Peninjauan Kembali)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat