PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL PUTUSAN HAKIM TIDAK MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM    

Pengadilan Negeri Kabupaten Magelang, Di Mungkit:

No. 08/Pts/Pdt.G/1990/PN.Kab.Mgl. Tanggal 11 Pebruari 1991

Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di Semarang :

No. 260/Pdt/1991/PT .Smg. tanggal 20 Mei 1991

Mahkamah Agung RI

No. 2952.K/Pdt/1991, tanggal 29 Oktober 1994

Catatan :

Dari putusan Mahkamah Agung  RI tersebut di atas dapat diangkat “ABSTRAK HUKUM” sebagai berikut:

  • Gugatan Perdata yang diajukan berdasarkan Surat Kuasa Umum bukan berdasarkan Surat Kuasa Khusus untuk mewakili Penggugat, gugatan harus dinyatakan tidak dapat diterima, karena tidak memiliki kwalitas untuk bertindak sebagai kuasa untuk dan atas nama pemberi Kuasa.
  • Demikian pula permohonan Kasasi yang diajukan atas dasar subtitusi Surat Kuasa Umum bukan berdasarkan surat Kuasa Khusus tidak dapat diterima karena permohonan Kasasi diajukan oleh seorang yang tidak memiliki kwalitas untuk bertindak sebagai seorang kuasa.
  • Untuk mengajukan permohonan Kasasi dalam perkara perdata seorang wakil harus secara khusus dikuasakan  untuk melakukan pekerjaan itu sebagaimana ditentukan Pasal 44 ayat 1Sub a Undang-Undang Mahkamah Agung R.I Nomor : 14 Tahun 1985.
  • Suatu Putusan Pengadilan, baik ditingkat pertama maupun tingkat Banding, yang terhadapnya diajukan permohonan pemeriksaan Kasasi, maka bilaman gugatannya diajukan oleh orang yang tidak memiliki kwalitas untuk bertindak, maka kedua putusan Badan Peradilan tersebut, secara Juridis harus dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum.
  • Demikian catatan atas kasus ini.

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No. 135. Tahun. XII. Desember . 1996. Hlm. 8.

PUTUSAN TERSEDIA : MAHKAMAH AGUNG RI

Anda mungkin juga berminat