Penundaan Eksekusi Perdata Mahkamah Agung Di Gugat

Kategori : PUTUSAN TERPILIH

Penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta

No. 076/G/1993/PEN/PTUN-Jkt, tanggal 27 Juli 1993

Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta

No. 02/PLW/1993/PTUN-Jkt, tanggal 15 September 1993

Catatan :

  • Abstrak hukum, yang dapat diangkaat dari perkara ini
  • Ketua Mahkamah Agung menerbitkan surat penundaan eksekusi putusan perkara perdata yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri
  • Surat yang demikian ini, masih termasuk dalam pengertian “menyelesaikan” perkara yang dikwalifikasikan sebagai “Justitiele daad” yang mengandung sifat teknis peradilan. Menurut UU No. 14 tahun 1985, Mahkamah Agung mempunyai fungsi melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan ic. termasuk mengenai eksekusi putusan pengadilan. Karena itu sudat penundaan eksekusi putusan perkara perdata adalah bukan “administrative daad” atau bukan surat keputusan tata usaha negara sebagaimana yang dimaksudkan pasal 1 butir ke 3 UU No. 5/Tahun 1986.
  • Surat yang bersifat, ” Justitiele daad” bukan merupakan objek yang  dapat disengketakan dalam forum Pengadilan Tata Usaha Negara, ex pasal 1 butir 4 dan bukan menjadi wewenang dari PERATUN (Peradilan Tata Usaha Negara).
  • Penetapan Ketua PERATUN, tahap penelitian surat gugatan, dalam praktek lazim disebut : Tahap Dismissal Procedure, ex pasal  63 UU No:5/tahun 1986. Penetapan ini dibuka kemungkinan untuk diajukan “gugat perlawanan” yang akan diperiksa dan diberikan putusan oleh Majelis Hakim. Terhadap putusan ini, tidak dapat dimintakan upaya hukum lagi.
  • Demikian catatan atas kasus ini

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.104.Tahun. IX. Mei.1994. Hlm. 12-13.

Putusan Tersedia : Penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara & Pengadilan Tata Usaha Negara

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

 

Anda mungkin juga berminat