Penerapan Displin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Di Provinsi Riau

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar menetapkan pergub disiplin protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Riau. Siapa yang melanggar pergub tersebut akan dikenai denda. Langkah tegas dan sikap ini oleh diambil oleh Pemeritah Provinsi Riau, mengeluarkan Peraturan Gubernur guna untuk memutuskan mata rantai dan mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 55 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pemerintah Provinsi Riau menyediakan pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum menyiapkan sarana dan prasarana 4M bagi karyawan dan pengunjung yang datang. Ruang lingkup Peraturan Gubernur ini meliputi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sanksi, sosialisasi dan partisipasi dan pendanaan. Gubernur menugaskan perangkat daerah terkait untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pergub.

Uraian dari Peraturan Gubernur Riau Nomor 55 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) berisi tentang hal-hal sebagai berikut :

A. Sanksi Bagi Perorangan :

  1. Teguran lisan atau teguran tertulis
  2. Kerja Sosial
  3. Denda Administratif (dikenakan sebesar 250.000)

B. Sanksi Bagi Pelaku Usaha, Pengelola, Penyelenggara, atau Penanggung Jawab Tempat dan Fasilats Umum :

  1. Teguran lisan atau teguran tertulis
  2. Denda Administratif
  3. Penghentian Sementara Operasional Usaha
  4. Pencabutan Izin Usaha:
  • Pelanggaran pertama dikenakan denda sebesar 1.000.000,-
  • Pelanggatan kedua dikenakan denda sebesar 2.500.000,-
  • Pelanggaran ketiga dikenakan denda sebesar 5.000.000,- serta pengehentian atau penutupan sementara penyelenggara usaha.

Jadi, buat sahabat Yuridis.id diharapkan agar selalu ingat akan protokol kesehatan dan waspada dimanapun berada demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Peraturan perundang-undangan diatas mengingatkan kita tentang sanksi hukum apabila tidak melaksanakannya. Dan tidak hanya hal itu saja, tetapi yang paling utama adalah supaya kita terhindar dari virus Covid-19 dan mencegah penyebarannya supaya kehidupan kita kembali normal.

Sumber  : Peraturan Gubernur Riau Nomor 55 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Anda mungkin juga berminat