Majalah Varia Peradilan Cover

Penerapan Delict Merusak Kesusilaan Umum

Kategori : Putusan Terpilih

Mahkamah Militer II – 10 – Semarang, Jawa Tengah

Nomor : 010/K/093-M.II-10/POL/I/1989

Tanggal : 17 Januari 1989

Mahkamah Agung RI

Nomor : 13.K/MIL/1989

Tanggal : 21 April 1990

Catatan:

  • Dari putusan Mahkamah Agung RI tersebut diatas, kita dapat mengangkat “Abstrak Hukum” sbb:
  • Bahwa perbuatan seorang pemuda yang merayu seorang gadis di suatu “Taman Kota”, pada remang-remang malam hari, dengan macam-macam rayuan khas laki-laki. Gadis kemudian menyerah pada pemuda tersebut untuk dicumbui dan digauli di tempat Taman Kota itu pula. Meskipun di tempat tersebut gelap-sepi dan tidak ada orang lain yang melihatnya, maka perbuatan pemuda tersebut adalah merupakan perbuatan : sengaja merusak kesusilaan (kesopanan) Umum, “sebagaimana yang dimaksud pasal 281 (1) KUHPidana.
  • Bahwa untuk menerapkan ketentuan ex pasal 281 (1) KUHPidana adalah, tidak diperlukan bahwa perbuatan “a susila” itu, dilihat oleh orang lain, sehingga orang lain menjadi tersinggung “rasa malunya” atau menimbulkan “rasa jijiknya”. Hal yang demikian ini bukan merupakan unsur delict ex pasal 281 (1) KUHPidana.
  • Disemping itu, kita dapat mencatat hal yang menarikdari kasus ini yaitu : batasan dan pengertian “kesusilaan” masyarakat Indonesia dewasa ini. Hal ini Nampak adanya perbedaan pendirian antara judex facti dengan Mahkamah Agung tentang batasan dan pengertian “kesusilaan” tersebut. Apakah karena pengaruh modernisasi danglobalisasi di segala bidang kehidupan, maka pengertian Kesusilaan masyarakat Indonesia menjadi Indonesia menjadi bisa bergeser dari pengertian tradisionalnya? Hal ini perlu renungan dan kajian.
  • Demikian catatan redaksi.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No. 64. Tahun. VI.Januari. 1991. Hlm. 40

Putusan Tersedia :  Mahkamah Militer & Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Anda mungkin juga berminat