Pemberhentian Seorang Pegawai Daerah Oleh Gubernur

 

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Nomor : 830/1979/G

Tanggal : 20 Oktober 1980

Pengadilan Tinggi Jakarta

Nomor : 340/1981. PT, Pdt

Tanggal : 27 Oktober 1983

Mahkamah Agung RI

Nomor : 927 K./Pdt/1984

Tanggal : 28 April 1986

Catatan :

  • Mahkamah Agung RI dalam putusan kasasi atas kasus ini, telah membatalkan putusan Judex Factie, Pengadilan Tinggi Jakarta yang telah memperkuat putusan Pengadilan Negeri, karena dinilai judex facti telah salah menerapkan hukum, dengan alasan juridis yang pada intinya sebagai berikut:
  • bahwa Pengadilan Tinggi telah salah menafsirkan hukum, pasal 24 dari Undang-Undang No.8/1974 jo Pasal 12-13 dari P.P. no 20/1975 dan pasal 2 dari P.P. no. 4/1966, oleh karena pasal-pasal tersebut tidak menentukan secara limitatif, bahwa hanya terhadap pegawai negeri yang terlibat melakukan tindak pidana dan ditahan saja, dapat dilakukan pemberhentian sementara, sebab pasal-pasal tersebut hanya menentukan, bahwa dalam keadaan seperti ditentukan dalam pasal tersebut, maka pegawai negeri tersebut harus diberhentikan buat sementara dan tidaklah menentukan bahwa dalam keadaan tersebut pegawai negeri dapat diberhentikan sementara. Jadi, diluar hal-hal yang tertera dalam pasal tersebut di atas, yang telah melakukan pelanggaran terhadap ketentuan mengenai disiplin pegawai negeri
  • bahwa sebagai Pejabat yang berwenang, Tergugat Asal I, Gubernur, setelah meneliti tentang kesalahan yang dilakukan oleh Penggugat Asal, selaku Pegawai Negeri, dalam lingkungan kewenangannya, berkesimpulan bahwa Penggugat Asal, terbukti melakukan perbuatan yang tidak boleh dilakukannya sebagai pegawai negeri, maka tindakan Gubernur memberhentikan sementara maupun memberhentikan dengan hormat terhadap Penggugat Asal tersebut adalah, tidak merupakan suatu perbuatan yang melanggar hukum.
  • Demikian catatan kasus ini

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No. 15. April.1986. Hlm.5.

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tinggi (PT) dan Mahkamah Agung RI (Kasasi).

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat