OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pelepasan Hak Atas Tanah Ulayat

Sumber Foto : https://afandriadya.files.wordpress.com

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jayapura
Nomor Register: 58/Pdt/1983
Tanggal Putusan: 2 Juni 1984

Pengadilan Tinggi Irian Jaya
Nomor Register: 41/Pdt/1984/PT
Tanggal Putusan: 11 Agustus 1984

Mahkamah Agung RI 
Nomor Register: 2971 K/Pdt/1984
Tanggal Putusan: 15 Mei 1986

Catatan Redaksi:

Mahkamah Agung RI telah membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Irian Jaya yang telah memperkuat putusan Pengadilan Negeri Jayapura dan mengadili sendiri yang menolak gugatan Penggugat dengan dasar pertimbangan yang pada pokoknya sebagai berikut:

  • Bahwa dalam repliknya Penggugat telah sepakat dan menyetujui tindakan 13 orang yang telah bertindak untuk dan atas nama PERSEKUTUAN HUKUM ADAT Tobati dan Enggres dalam menanda tangani OVEREENKOMST tgl 27 September 1962, guna menyerahkan Tanah Adat Hak Ulayat (tercantum dalam Overeenkomst tersebut)kepada Pemerintah Hindia Belanda.
    TIP atas nama PERSEKUTUAN HUKUM ADAT itu, tidak menyebabkan batalnya overeenkomst tersebut yang merupakan suatu perbuatan yang bersifat KONKRIT dan KONTAN menurut Hukum Adat Tanah.
  • Bahwa Oveereenkomst tgl 27 September 1962 mengenai penyerahan tanah adat hak ulayat tersebut terjadi sebelum diberlakukannya U.U.P.A. di Irian Jaya, sehingga harus dianggap sebagai suatu PELEPASAN HAK atas tanah ulayat tersebut kepada Pemerintah dengan menerima ganti rugi uang sebesar F.100.000,00.
    Dan dengan telah diberlakukannya U.U.P.A. DI Irian Jaya, 1971 maka status tanah tersebut telah berobah menjadi tanah yang dikuasai Negara, yang kemudian telah diberikan dengan HAK PAKAI kepada Tergugat, Mako Daeral X/TNI AL.
  • Bahwa dengan demikian, maka status tanah sengketa sejak tahun 1962 bukan lagi merupakan Tanah Adat Hak Ulayat miliknya Penggugat.

Sumber :
Majalah Hukum Varia Peradilan Tahun I No.10.Juli.1986.Hlm.11

Anda mungkin juga berminat