Menguasai Barang Milik Orang Lain? Apakah Ada Aturan Hukum Yang Menjerat Pelaku?

Pertanyaan :

Hai Team yuridis ID, saya ingin menanyakan terkait seseorang yang dengan sengaja mencoba ingin menguasai barang milik orang lain, atau mencoba ingin melakukan penggelapan terhadap barang orang lain tersebut, Apakah ada aturan hukum mengenai hal tersebut dan jika saya selaku masyarakat atau pemilik barang tersebut, apakah bisa  menuntut secara hukum, apa yang harus kami lakukan? Mohon jawabannya. Terimakasih.

Jawaban :

Terimakasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami, Terkait tentang seseorang yang dengan sengaja ingin menguasai barang milik orang lain dapat kita kenakan sanksi hukum yang ada di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yaitu Pada Pasal 372 yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 372 KUHPidana berbunyi:

Barangsiapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hak sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tangannya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara se-lama2nya empat tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 900,—. (K.U.H.P. 35, 43, 373, 376 s, 486).

Mengenai pertanyaan yang di berikan oleh Penjawab, maka orang yang menguasai barang milik kita atau orang lain disebut juga dengan Penggelapan. Seperti yang sudah di bunyikan dalam Pasal 372 KUH Pidana, pelaku yang melakukan penggelapan akan dikenakan hukuman penjara selama 4 tahun ataupun didenda sebanyak-banyaknya Rp. 900.

Demikian jawaban atas pertanyaan yang diberikan, semoga jawaban dari kami dapat menambah informasi sahabat yuridis ID. Terimakasih

Penjawab :

Tim Yuridis.ID