Membuat Akun Palsu Di Sosmed Dapat Terjerat Hukum

Sosial media merupakan wadah kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, membagikan/sharing informasi, dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari sosial media. Di zaman modern ini sosial media telah mulai berkembang pesat sehingga lebih memudahkan kita melakukan banyak hal . Namun, karena kemudahan tersebut sering sekali kita lihat penggunaan sosial media yang salah yaitu membuat fake account. Ya, fake account/akun palsu pasti kita semua tidak asing mendengarnya terutama dikalangan pengguna sosial media. Berbagai alasan kenapa masih banyak pengguna sosial media membuat fake account seperti hanya untuk hiburan dan merasa lebih aman dengan akun palsu, buat kepoin mantan, pacarnya mantan, dan lain-lain, Buat mengikuti akun gosip, Buat melindungi citra diri dari golongan tertentu, Buat menebar kebencian, hingga untuk melakukan kejahatan atau cyber crime di sosmed. Namun tahukah anda bahwa hukum telah mengatur tentang hal tersebut yaitu pada

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, perbuatan membuat akun media sosial palsu atas nama orang tertentu, termasuk membuat akun media sosial palsu sebagaimana yang telah dijelaskan, diancam dengan sanksi pidana penjara paling lama 12 Tahun dan/atau denda paling banyak dua belas miliar rupiah.

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 35 jo Pasal 51 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yaitu:

Pasal 35

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Pasal 51 ayat (1)

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

Perbuatan membuat akun media sosial palsu atas nama orang tertentu, termasuk membuat akun media sosial palsu atas nama artis, aktor, atau selebriti tertentu diatur dalam 35 jo Pasal 51 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan analisis sebagai berikut:

Pasal 35 mengatur bahwa:

· Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum;
· Melakukan penciptaan Informasi Elektronik;
· Dengan tujuan agar Informasi Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Pasal 51 ayat (1) mengatur bahwa:

· Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35;
· Dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

Dalam Pasal 35 jo Pasal 51 ayat (1) diatur bahwa Setiap Orang yang melakukan penciptaan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik agar dianggap seolah-olah data yang otentik diancam dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak dua belas miliar rupiah.

Akun media sosial merupakan salah satu bentuk dari Informasi Elektronik. Hal tersebut sebagaimana pengertian dari Informasi Elektronik yang terdapat dalam Pasal 1 angka 1 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yaitu:

Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk, tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDJ), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti. atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.

Jadi itulah informasi singkat dari Yuridis.ID, semoga bermanfaat dan pesan dari mimin Gunakanlah Sosial media mu dengan bijak!! Salam sahabat yuridisID 🙂

Sumber : Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,

Sumber Foto : https://i2.wp.com/leggerhythms.org/wp-content/uploads/2019/03/fake-profile-facebook.jpg?fit=600%2C283&ssl=1

Anda mungkin juga berminat