Membuang Sampah Di Sembarang Tempat Dapat Di Denda

Sumber foto : https://cdn2.tstatic.net/pekanbaru/foto/bank/images/sampah-jalan-a-yani_20161221_161111.jpg

Di setiap tempat yang biasanya masyarakat sengaja membuang sampah sembarangan hingga nyata-nyatanya terpampang besar adanya terlihat tulisan “DILARANG MEMBUANG SAMPAH DI SINI”. Tetapi masyarakat tetap saja tidak menghiraukan himbauan yang tertera di tempat tersebut, padahal himbauan ini tidak hanya tertera mengenai Larangan tetapi juga ada sanksi yang dapat dikenakan bagi pelaku pembuang sampah pada tempat tersebut. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah atau masyarakat setempat agar pelaku pembuang sampah sembarangan ini ketakutan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam penegakan Hukum Lingkungan hidup terdapat dua aturan yakni Peraturan daerah yang mengatur sanksi membuang sampah sembarangan yakni Peraturan daerah nomor 8 tahun 2014 tentang persampahan  di Kota Pekanbaru. Jadi pengaturan dapat kita lihat didalam pasal 71 ayat 1 yang menyatakan bahwa :

“Setiap orang yang melanggar ketentuan dalam Pasal 66 huruf a, huruf b, huruf c, huruf g, huruf h, huruf i, huruf j dan huruf l dikenakan sanksi pidana barupa denda sebesar Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah).”

Pemeritah terutama Provinsi Riau membentuk satuan tugas kebersihan, yakni tim penegak hukum kebersihan yang akan dibentuk. Dengan adanya penegak ini maka sangatlah mudah melakukan pelaporan apabila ditemkan pelaku pembuang sampah sembarangan. Tidak hanya tim penegak saja, tetapi akan dilakukan patroli ditempat yang sering terjadinya penumpukan sampah. Oleh sebab itu, sahabat Yuridis.id agar lebih mematuhi aturan yang diadakan pemerintah terutama mengenai sampah. Dengan menjaga kebersihan kota kita, maka akan terciptanya kesehatan yang baik di kota kita. Salam Yuridis.id

Anda mungkin juga berminat