Membocorkan Rahasia Dagang Perusahaan Dapat Di Pidana Loh!!

Sumber foto : https://www.jawapos.com/teknologi/15/04/2018/diduga-bocorkan-rahasia-perusahaan-29-karyawan-apple-diciduk-polisi

Nah, seperti kita lihat di atas pada tanggal 15 april 2018 melalui jawapos.com memberitakan tentang 29 karyawan apple diduga membocorkan rahasia dagang perusahaan. Apakah anda tahu, bahwa tindakan tersebut memang termasuk kategori pidana. Di Indonesia hal tersebut diatur dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang (“UU Rahasia Dagang”) bahwa apabila seseorang dengan sengaja mengungkapkan Rahasia Dagang, mengingkari kesepakatan atau mengingkari kewajiban tertulis atau tidak tertulis untuk menjaga Rahasia Dagang yang bersangkutan maka akan dijerat pada pasal 17 UU tentang Rahasia Dagang yaitu dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 300 juta. Tindak pidana tersebut merupakan delik aduan.

Karyawan tersebut juga dapat digugat secara perdata berdasarkan Pasal 11 jo. Pasal 4 UU Rahasia Dagang karena mengungkapkan Rahasia Dagang kepada pihak ketiga untuk kepentingan yang bersifat komersial. Selain itu, para pihak juga dapat menyelesaikan perselisihan melalui arbitrase atau alternatif penyelesaian sengekta.

Jadi, jagalah rahasia perusahaan di tempat anda bekerja. Jangan sampai bocor kemana-mana. Sekian, terimakasih 🙂

Sumber :  UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG

Anda mungkin juga berminat