Majalah Varia Peradilan Cover

Masalah Yuridis Pengosongan Hunian Rumah

 

Kategori: Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Nomor: 490/1983/G

Tanggal: 19 September 1983

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Nomor: 191/Pdt/1984/PT.DKI

Tanggal: 30 Agustus 1984

Mahkamah Agung RI 

Nomor: 151.K/Pdt/1985

Tanggal: 29 Oktober 1992

Catatan:

  • Dari putusan Mahkamah Agung RI tersebut diatas dapat diangkat “Abstrak Hukum” sebagai berikut:
  • Suatu Badan Hukum berdasar atas putusan Pengadilan dinyatakan dalam keadaan berhenti membayar hutangnya, dan karenanya dinyatakan dalam keadaan pailit, maka Badan Hukum tersebut tidak mempunyai hak untuk menguasai harta miliknya lagi. Seluruh Harta Kekayaannya dikuasai oleh Balai Harta Peninggalan sebagai curator-nya. Karena itu segala macam tuntutan dan gugatan terhadap Badan Hukum tersebut harus diajukan ke Balai Harta Peninggalan.
  • Surat gugatan Perlawanan ditujukan kepada suatu Badan Hukum. Gugatan ini masih dalam proses di Peradilan dan putusannya belum in kracht van gewijsde. Ternyata pada suatu saat, Badan Hukum ini lalu dinyatakan pailit oleh putusan Hakim lainnya, maka gugatan Perlawanan terhadap Badan Hukum tersebut harus diberikan putusan: Tidak dapat diterima dengan alasan gugatan tersebut harus ditujukan kepada curator dari si Pailit.
  • Demikian Catatan Redaksi

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.94.Tahun. VIII. JULI.1993. Hlm.5

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi & Mahkamah Agung RI  (Putusan Sela dan Akhir)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat