Lelang Umum & Grosse Akta Perjanjian Kredit

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri :

No. 68/1983/G, tgl 22 Agustus 1983
Pengadilan Tinggi :
No. 570/1983. PT.Pdt, tgl 6 Maret 1984

Mahkamah Agung RI

No. 1520/K/Pdt/1984, tgl 31 Mei 1986

Catatan :

  • Mahkamah Agung RI telah membatalkan putusan judex facti, karena dinilai judex facti telah salah menerapkan hukum dengan pertimbangan yang pada intinya sebagai berikut:
  • Judex facti telah salah mengartikan Akta Notaris tersebut sebagai notariele schuldbrief dan mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan Hakim, ex pasal 224 H.I.R.
  • Mahkamah Agung RI berpendirian, bahwa pasal 224 H.I.R adalah bersifat limitatif, karena yang boleh dibuatkan proses akta yang mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan Hakim adalah:
    a. Akta Hipotik
    hanya
    b. notariele schuldbrieven.
  • Akta notaris dalam kasus ini, ternyata bukan merupakan notariele schuldbrieven, ex pasal 224 H.I.R, melainkan adalah merupakan “akta Perjanjian Kredit” DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA”, akta ini tidak mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan Hakim.
  • Untuk melaksanakan eksekusi – pelelangan Umum – atas grosse akta ex pasal 224 H.I.R., akta ini harus memenuhi beberapa syarat yaitu
    a.  Syarat formil berupa Kepala: DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA
    b. syarat materiil berupa: jumlah hutang yang harus dibayar telah menjadi pasti.
  • Dari hasil pemeriksaan judex facti, ternyata tidak diketemukan data-data berupa jumlah hutang yang pasti yang harus dibayar oleh debitur/pembantah/pemohon kasasi. Dalam keadaan demikian, seharusnya Pengadilan Negeri menolak untuk melaksanakan eksekusi atas barang jaminan dalam akta tersebut dan menyarankan agar sengketa ini diselesaikan melalui gugatan perdata biasa.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.12.Tahun. I. Maret.1986. Hlm. 21.

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi & Mahkamah Agung RI.

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat