Landasan Hukum Wajib Belajar 9 Tahun

Sumber Foto : wordpress.com

Wajib belajar 9 tahun ini merupakan pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Dasar 1945, yang dapt kita lihat pada :

 Pasal 31

  • Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan
  • Setiap warga negara wajib mengikuti Pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
  • Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.

Visi Pendidikan Nasional untuk  terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Begitu juga dengan misi Pendidikan Nasional adalah mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia serta membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral. Untuk mewujudkan misi ini, oleh sebab itu perlu dilakukan langkah dan strategi diantaranya adalah pelaksanaan program wajib belajar.

Dan juga dipertegas lagi dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  (Sisdiknas) yakni :

Pasal 6 ayat  (1)

“Setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar.”

Sumber : Pasal 31 Undang-Undang Dasar dan Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Anda mungkin juga berminat