Kredit Macet BUPLN Wenang Melakukan Sita Eksekusi Dan Melelang Harta Debitur

Pengadilan Negeri di Takengon

No. 11/Pdt-G/1991/PN.TKN, tanggal 31 Juli 1991

Pengadilan Tinggi Aceh di Banda Aceh

No. 127/Pdt/1991/PT Aceh, tanggal 7 Desember 1991

Mahkamah Agung RI

No. 1850.K/Pdt/1992, tanggal 29 Februari 1991

Catatan Redaksi :

  • Dari putusan Mahkamah Agung RI tsb di atas dapat diangkat “Abstrak Hukum”
  • Dalam “gugatan Rekonpensi”, maka yang menjadi pihak Tergugat Rekonpensi hanyalah pihak Penggugat dalam gugat Konpensi. Menambah dan menarik pihak ketiga diluar perkara dimasukkan dalam proses “gugat Rekonpensi” adalah bertentangan dengan Hukum Acara Perdata ex pasal 157 R.Bg (pasal 132-a-H.I.R).
  • Bilamana selama proses persidangan terjadi kejadian (insiden) penarikan pihak ketiga dimasukkan oleh proses sebagai “tergugat Rekonpensi Tertarik”, maka putusan judex facti bukan berupa: pemeriksaan dan putusan batal demi hukum, melainkan Hakim dapat memilih alternative putusan sbb :
  1. Menyatakan gugat Rekonpensi dapat dibenarkan terbatas
  2. Atau, menyatakan gugat Rekonpensi dapat dibenarkan terbatas hanya pada diri Penggugat Konpensi, Sedangkan terhadap pihak ketiga yang ditarik sebagai “Tergugat Rekonpensi”, dinyatakan tidak dapat diterima.
  • Menurut UU No. 49/Perpu/1960, ditentukan bahwa PUPN, bentuk dan berwenang menyelesaikan kredit macet yang dilimpahkan oleh Bank (BUMN). Badan ini berhak melakukan penyitaan eksekusi serta penjualan lelang melalui Kantor Lelang Negara (Executorial Verkoop) atas harta debitur terexecusi, sebagai pelunas atas kredit macet tsb.
  • Antara penjualan umum (lelang) dengan pengosongan tanah/bangunan adalah merupakan satu kesatuan. Bilamana Tereksekusi Lelang menilak mengosongkan tanah/bangunan yang telah dijual lelang tsb, maka pembeli lelang sebagai pemilik cukup mengajukan Permohonan pengosongan (Eksekusi Rill) kepada Ketua Pengadilan Negeri. Pembeli Lelang tidak perlu mengajukan gugatan perdata terhadap eksekusi.
  • Demikianlah catatan kasus ini.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.147.Tahun.XII.DESEMBER.1997.Hlm.18

Naskah Putusan : Tersedia (PT dan MA)
WA: 0817250381

Anda mungkin juga berminat