Kepo-In Jenis-Jenis Pengadilan Di Indonesia

Sumber Foto : http://cdn.metrotvnews.com

Seperti yang kita ketahui bahwa pengadilan adalah badan atau instansi resmi yang melaksanakan sistem peradilan berupa memeriksa, mengadili, dan memutus perkara. Tahukah anda, bahwa pengadilan di indonesia banyak jenisnya. Maka, topik kali ini mimin akan memberikan informasi jenis-jenis pengadilan di indonesia. Berikut penjabarannya :

  1. Peradilan Umum 
    menangani perkara pidana dan perdata secara umum. Badan yang menjalankannya terdiri dari Pengadilan Negeri sebagai pengadilan tingkat pertama dan Pengadilan Tinggi sebagai pengadilan tingkat banding. Pengadilan Negeri berkedudukan di Ibukota Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah kewenangannya. Sedangkan Pengadilan Tinggi berkedudukan di Ibukota Provinsi dengan kewenangan meliputi wilayah Provinsi tersebut. (UU No 2 Th 1986 dan perubahannya Jo. Putusan MK Nomor 37/PUU-X/2012)
    Kemudian terdapat 6 pengadilan khusus di lingkungan peradilan umum yaitu :
    a. Pengadilan Anak
    b. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi
    c. Pengadilan Perikanan
    d. Pengadilan HAM
    e. Pengadilan Niaga dan
    f. Pengadilan Hubungan Industrial
  2. Peradilan Agama
    Peradilan ini khusus menangani perkara tertentu bagi masyarakat beragama islam, seperti perceraian dan warisan. Pengadilan Agama terdiri dari tingkat pertama yang berada di ibukota dan pengadilan tinggi sebagai pengadilan tingkat banding yang terletak di ibukota provinsi. (UU No 7 Th 1989 dan perubahannya jo Putusan MK Nomor 37/PUU-X/2012).
    untuk daerah Aceh, pengadilan agama dan pengadilan tinggi agama nya dibentuk dengan nama Mahkamah Syar’iah Aceh untuk perkara hukum keluarga, perdata, pidana berdasarkan Qanun Aceh. (UU No 11 Th 2006)
  3. Peradilan Tata Usaha Negara
    Peradilan ini khusus menangani perkara gugatan terhadap pejabat administrasi negara akibat penetapan tertulis yang dibuatnya merugikan seseorang atau badan hukum. Pengadilan ini terdiri dari pengadilan tata usaha negara dan pengadilan tinggi tata usaha negara di ibukota provinsi. (UU No 5 Th 1986 dan perubahannya Jo. Putusan MK Nomor 37/PUU-X/2012)
    Dan terdapat pengadilan turunan dari pengadilan tata usaha negara yang menangani masalah pajak yaitu Pengadilan Pajak. (UU No 14 Th 2002)
  4. Peradilan Militer
    Peradilan militer menangani perkara pidana dan sengketa tata usaha angkatan bersenjata bagi kalangan militer. Badan yang menjalankan terdiri dari Pengadilan Militer, Pengadilan Militer Tinggi dan Pengadilan Militer Utama.Letak Pengadilan Militer Utama berada di Ibukota negara, selebihnya ditentukan ditetapkan oleh keputusan Panglima TNI. (UU No 31 Tahun 1997)
  5. Peradilan Konstitusi
    Menangani pengujian kesesuaian isi undang-undang dengan Undang-Undang Dasar 1945. (UUD 1945 jo. UU 24/2003 dan perubahannya)

itulah beberapa jenis pengadilan yang berada di indonesia, semoga bisa merefresh kembali ingatan tentang hal tersebut dan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih telah mengunjungi website yuridisID. Jangan lupa di Share!!

Sumber :

  • Putusan MK Nomor 37/PUU-X/2012

  • UU Nomor 2 Tahun 1986 Tentang Peradilan Umum

  • UU Nomor 7 Tahun 1989 tentang peradilan agama

  • UU No 5 Th 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara

  • UU No 31 Tahun 1997 Tentang Peradilan Militer

  • UUD 1945 jo. UU 24/2003 dan perubahannya

Anda mungkin juga berminat