Majalah Varia Peradilan Cover

Kasus Jual Beli Tanah

 

Kategori: Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Nomor: 0035/1984/Perdata/G

Tanggal: 20 Juni 1984

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Nomor: 156/Pdt/1986/PT.DKI

Tanggal: 26 April 1986

Mahkamah Agung RI

Nomor: 3427.K/Pdt/1987

Tanggal: 22 Mei 1991

Catatan:

  • Dari putusan Mahkamah Agung RI tersebut diatas dapat diangkat “Abstrak Hukum” sebagai berikut:
  • Mahkamah Agung RI dalam pemeriksaan kasasi, berwenang untuk meneliti kembali dan menilai isi dari semua Surat-Bukti yang diajukan oleh para pihak dalam persidangan Pengadilan Negeri (Judex Facti), bilamana Mahkamah Agung RI berpendirian bahwa putusan judec facti bersifat Onvoldoende gemotiveerd, yaitu judex facti tidak memberikan pertimbangan hukum yang cukup sebagai dasar putusannya.
  • Perjanjian Jual Beli Rumah yang dituangkan Akta Notaris, yang terjadinya karena adanya dwaling (kekeliruan) dan bedrog (penipuan) dari Penjual kepada pembeli, maka berdasarkan ex pasal 1320 B.W., Perjanjian tersebut dinyatakan batal oleh Hakim.
  • Putusan Mahkamah Agung RI No. 350.K/Sip/1968, tanggal 3 Mei 1969 yang menjadi dasar dari putusan judex facti tersebut diatas “Abstrak Hukumnya” sebagai berikut:
  • Bahwa Penjual telah membawa dirinya dalam keadaan tidak mampu memenuhi kewajibannya, dengan menjual lagi kepada pihak ketiga rumah yang telah dijualnya kepada Pembeli Pertama, diikuti dengan penyerahan rumah tersebut secara juridis kepada Pembeli kedua tersebut, kepada siapa Hak Milik menurut Hukum, harus dianggap telah berpindah secara sah.
  • “Bahwa dalam keadaan yang demikian ini, maka “Pembeli Pertama” hanya mendapat penggantian Kerugian atau Pembatalan Perjanjian disertai ganti rugi berdasarkan Wanprestasi yang telah dilakukan oleh Penjual; Tetapi tak mungkin baginya untuk menuntut Pernyataan bahwa ia (Pembeli Pertama) adalah Pembeli Rumah Sengketa.
  • Demikian Catatan Redaksi

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.81.Tahun. VII. JUNI.1992. Hlm.51

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri & Mahkamah Agung RI 

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat