Majalah Varia Peradilan Cover

Kasus Architect Fee

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Nomor : 285/Pdt/G/85

Tanggal : 31 Oktober 1985

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Nomor : 478/Pdt/1986

Tanggal : 29 September  1986

Mahkamah Agung RI (Kasasi)

Nomor : 817.K/Pdt/ 1987

Tanggal : 21 September 1989

Catatan :

  • Dari Putusan Mahkamah Agung RI tersebut diatas kita garis bawahi beberapa hal menarik yaitu :
  • Dalam perkara ini kita melihat bahwa majelis MA-RI dalam pemeriksaan kasasi telah melakukan penelitian terhadap materi surat-surat bukti yang diajukan oleh Penggugat dalam persidangan. Penelitian mana ternyata menghasilkan kesimpulan yang berbeda antara majelis MA-RI dengan judex facti.

Menurut Pernilaian majelis MA – RI, dari surat-surat bukti tersebut, tidak dapat diketahui rincian uang yang menjadi hak Penggugat. Pernilaian mana berbeda dengan judex facti. Karena Penggugat tidak dapat membuktikan rincian besarnya uang yang menjadi haknya (seperti yang dituntut dalam surat gugatannya), maka gugatan tersebut telah ditolak oleh majelis MA-RI.

  • Abstrak Hukum yang dapat digali dari putusan MA-RI: Seseorang yang menuntut suatu hak untuk pembayaran sejumlah uang atas hasil pekerjaannya kepada pihak lain, maka Penggugat ini, harus dapat membuktikan rincian besarnya uang yang menjadi haknya tersebut, sehingga Pengadilan dapat mengetahui dengan jelas, bagaimana perhitungannya sampai pada jumlah uang yang dituntutnya itu. Tanpa hal ini, Penggugat dinilai tidak dapat membuktikan haknya.”

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.55. Tahun. V. April 1990. Hlm. 75-76

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri & Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat