Isi/Bunyi Pasal 73 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Pasal 73

  • Syarat yang harus dipenuhi selama masa percobaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 72 ayat 3 terdiri atas :
  1. Syarat umum berupa narapidana tidak akan melakukan Tindak Pidana
  2. Syarat khusus berupa narapidana harus melakukan atau tidak melakukan perbuatan tertentu, tanpa mengurangi kemerdekaan beragama, menganut kepercayaan, dan berpolitik, kecuali ditentukan lain oleh hakim.
  • Syarat khusus sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf b dapat diubah, dihapus atau diadakan syarat baru yang semata-mata bertujuan untuk pembimbingan narapidana.
  • Narapidana yang melanggar syarat sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dapat dicabut pembebasan bersyarat.
  • Pembebasan bersyarat sebagaimana dimaksud pada ayat 3 tidak dapat dicabut setelah melampui 3 bulan terhitung sejak saat habisnya masa percobaan, kecuali dalam waktu 3 bulan terhitung sejak habisnya masa percobaan, narapidana dituntut karena melakukan Tindak Pidana yang dilakukan dalam masa percobaan.
  • Dalam hal narapidana sebagaimana dimaksud pada ayat 4 dijatuhi pidana penjara untuk waktu tertentu atau pidana denda paling sedikit kategori III, pembebasan bersyarat yang bersangkutan dicabut.

Demikian isi dari Pasal 73 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Sumber : Pasal 73 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Anda mungkin juga berminat