Isi/Bunyi Pasal 382 a KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 382 a

Baik berdasar atas peristiwa yang dapat menyebabkan pemecatan, maupun bilamana anak-anak belum dewasa itu ditinggalkan atau tanpa sesuatu pengawasan, Penjabat Kejaksaan berhak mempercayakan anak-anak itu sementara waktu kepada Dewan Perwalian, sampai oleh Pengadilan diangkat seorang wali bagi mereka, atau dinyatakannya, bahwa pengangkatan itu tidak perlu, dan penetapan itu memperoleh kekuatan mutlak. Ketentuan-ketentuan dalam ayat ketujuh dan ke delapan pasal 319f berlaku dalam hal ini.

Apabila penjabat Kejaksaan menggunakan kekuasaannya tersebut di atas, sebelum memajukan permintaan atau tuntutan akan pemecatan atau pengangkatan seorang wali, maka berwajiblah ia segera melakukan segala sesuatu agar kiranya oleh Pengadilan diangkatnya seorang wali.

Jika terjadi penyerahan anak-anak kepada Dewan itu di tolak, maka penjabat Kejaksaan boleh menyerahkan pembawaan anak-anak itu kepada juru sita atau kepada kepolisi, yang mana diberi tugas untuk melaksanakan surat perintahnya. Ketentuan-ketentuan dalam ayat ke tiga, ke empat dan ke lima pasal 319h berlaku dengan persesuaian sekadarnya.

Perintah menyerahkan anak-anak kepada Dewan menurut ayat ke satu pasal ini menghentikan perwalian anak-anak itu, sekadar mengenai diri mereka.

Demikian isi dari Pasal 382 a KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 382 a KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat