Isi/Bunyi Pasal 360 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 360

Pengangkatan seorang wali dilakukan oleh Pengadilan Negeri atas permintaan para keluarga sedarah dan semenda si belum dewasa atas permintaan para berpiutang atau pihak lain yang berkepentingan atas permintaan Balai Harta Peninggalan atas tuntutan Jawatan Kejaksaan bahkan pun karena jawatan oleh Pengadilan Negeri yang mana si belum dewasa bertempat tinggal dalam daerah hukumnya.

Jika sibelum dewasa tak mempunyai tempat tinggal di Indonesia atau jika tempat tinggalnya tak diketahui, maka pengangkatan itu dilakukan oleh Pengadilan Negeri tempat tinggalnya di Indonesia yang terakhir, sedangkan jika ini pun tidak ada, oleh Pengadilan Negeri di Jakarta.

Pegawai Catatan Sipil berwajib memberitahukan kepada Balai segala peristiwa kematian yang harus dibukukan dalam register, dengan pertelaan disamping itu, apakah orango-orang yang meninggal itu meninggalkan anak-anak belum dewasa dan memberitahukan pula perlangsungan segala perkawinan yang akan dibukukan mengenai orang tua-orang tua yang mempunyai anak-anak belum dewasa.

Demikian isi dari Pasal 360 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 360 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat