Isi/Bunyi Pasal 359 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 359

Bagi sekalian anak belum dewasa, yang tidak bernaung di bawah kekuasaan orang tua dan yang perwaliannya tidak telah diatur dengan cara yang sah, Pengadilan Negeri harus mengangkat seorang wali, setelah mendengar atau memanggil dengan sah para keluarga sedarah dan semenda.

Apabila pengangkatan itu diperlukan berdasarkan ketakmampuan untuk sementara waktu melakukan kekuasaan orang tua atau perwalian, maka oleh Pengadilan diangkat juga seorang wali untuk waktu selama ketakmampuan itu ada. Ata permintaan orang yang digantinya, wali itu boleh dipecat lagi, apabila alasan yang menyebabkan pengangkatannya tidak lagi ada.

Apabila pengangkatan itu diperlukan karena ada atau tak adanya si bapak atau si ibu tak diketahui, atau karena tempat tinggal atau kediaman mereka tak diketahui, maka oleh Pengadilan diangkat juga seorang wali.

Atas permintaan orang yang digantinya, wali ini dipecat lagi apabila alasan yang menyebabkan pengangkatannya tidak lagi ada.

Atas permintaan ini Pengadilan mengambil ketetapannya, setelah mendengar atau memanggil dengan sah akan peminta, si wali, wali pengawas, para keluarga sedarah atau semenda si belum dewasa dan akan Dewan perwalian; sekiranya permintaan itu berkenan dengan perwalian seorang anak luar kawin, maka Pengadilan mengambil ketetapannya setelah mendengar atau memanggil dengan sah seperti teratur dalam pasal 354a. Permintaan dikabulkan, kecuali ada kekhawatiran yang beralasan kalau-kalau si bapak atau si ibu akan menelantarkan si anak. Terhadap pemeriksaan orang-orang itu ketentuan dalam ayat ke empat pasal 206 berlaku dengan persesuaian sekadarnya.

Selama perwalian termaksud dalam ayat kedua dan ketiga berjalan, penunaian kekuasaan orang tua tertangguh.

Dalam segala hal, bilamana harus terjadi pengangkatan seorang wali maka, jika perlu oleh Balai Harta Peninggalan baik sebelum maupun setelah pengangkatan itu diadakan tindakan-tindakan seperlunya guna pengurusan diri dan harta kekayaan si belum dewasa sampai perwalian itu mulai berlaku.

Demikian isi dari Pasal 359 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 359 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat