Isi/Bunyi Pasal 354 a KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 354 a

Jika perwalian dalam salah satu hal termaksud dalam ayat pertama pasal 353 ditugaskan kepada orang lain, maka si  bapak yang telah dewasa atau si ibu yang demikian pula dan yang masing-masing mengakui anaknya tidak yang sah itu sekadar mereka tidak dikecualikan, dibebaskan atau dipecat dari perwalian, boleh mengajukan permintaan kepada Pengadilan, supaya diangkat menjadi wali sebagai pengganti si wali yang lain itu.

Pengadilan Negeri mengambil ketetapannya setelah mendengar atau memanggil dengan sah akan sipeminta, si wali-wali pengawas pula akan suami atau istri peminta, sekiranya ini telah kawin, lagi pula akan orang tua yang lain jika ini ikut mengakui si anak dan masih hidup, dan akhirnya pun akan Dewan perwalian. Pengadilan mengabulkan permintaan itu kecuali ada kekhawatiran yang beralasan, kalau si bapak atau si ibu akan melalaikan si anak.

Ketentuan dalam kalimat yang akhir dalam pasal 353 berlaku terhadap hal ini.

Terhadap pemeriksaan orang-orang yang tersebut di atas berlakulah ketentuan dalam ayat ke empat pasal 206 dengan persesuaian sekadarnya.

Demikian isi dari Pasal 354 a KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 354 a KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat