Isi/Bunyi Pasal 353 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 353

Seorang tak sah bernaung demi hukum di bawah perwalian bapaknya yang telah dewasa atau ibunya yang telah dewasa pula dan yang masing-masing telah mengakuinya, kecuali sekiranya si bapak atau si ibu telah dikecualikan dari perwalian atau telah kehilangan hak mereka menjadi wali atau, sekiranya perwalian itu sudah ditugaskan kepada orang lain selama bapak atau ibu belum dewasa atau, wali ini telah mendapat tugas itu sebelum anak diakui.

Jika pengakuan itu dilakukan oleh kedua orang tua, maka perwalian terhadap anak itu dengan kekecualian-kekecualian yang sama harus dilakukan oleh si yang mengakuinya terlebih dahulu, sedangkan, sekiranya pengakuan itu dilakukan dalam waktu yang sama, si bapaklah yang harus memangku perwalian.

Jika di antara kedua orang tua itu, si yang menurut ketentuan-ketentuan yang lalu melakukan perwalian, meninggal dunia, dipecat dari perwaliannya ditaruh di bawah pengampuan atau, jika dalam hal tersebut dalam pasal 354 ia tidak dipertahankan sebagai wali, atau tidak sekali lagi diangkat menjadi itu, maka demi hukum orang tua yang lainlah yang menjadi wali, kecuali kiranya ia pun telah dikecualikan, atau telah dipecat atau telah kawin.

Jika si bapak atau si ibu yang menurut ketentuan-ketentuan yang lalu memangku perwalian, tak hadir maka oleh Pengadilan Negeri harus diangkat seorang wali.

Jika si bapak atau si ibu yang tidak dikecualikan atau dipecat dari perwalian telah kawin dan karenanya menurut ayat yang lalu tidak demi hukum mendapat perwalian, memajukan permintaan kepada Pengadilan supaya diangkat wali, maka Pengadilan harus mengabulkannya, kecuali kepentingan si anak menentangnya; Pengadilan mengambil ketetapannya setelah mendengar atau memanggil dengan sah akan suami atau istri si peminta, dan sekiranya orang tua yang lain masih hidup akan dia pula dan wali pengawas. Terhadap pemeriksaan orang-orang itu berlaku ketentuan dalam ayat ke empat pasal 206. Terhadap wali ibu atas anak luar kawin yang diakui, dan terhadap suaminya berlakulah ketentuan dalam pasal 351 kecuali jika karena perkawinan si anak menjadi sah.

Demikian isi dari Pasal 353 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 353 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat