Isi/Bunyi Pasal 352 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 352

Wali bapak atau wali ibu yang menyeburkan diri dalam perkawinan baru, berwajib, apabila wali pengawas memintanya, sebelum atau setelah perkawinan berlangsung menyampaikan kepada wali pengawas sebuah daftar lengkap yang memperlihatkan harta kekayaan si anak belum dewasa.

Apabila dalam waktu satu bulan permintaan wali pengawas termaksud dalam ayat yang lalu tidak dipenuhi, maka, dengan menyampaikan bukti-bukti tentang telah adanya permintaan untuk itu, wali pengawas boleh memajukan permintaan kepada Pengadilan Negeri, supaya wali itu dipecat; Pengadilan harus mengambil ketetapannya sesuai dengan permintaan itu, kecuali jika dalam jangka waktu yang ditentukan Pengadilan dan diberitahukan pula kepadanya, siwali masih juga menyampaikan daftar yang dikehendaki tadi kepada Pengadilan; ketetapan diambil tanpa sesuatu bentuk acara.

Jika mungkin, dalam ketetapan yang sama ialah yang mengandung pemecatan itu, Pengadilan harus mengangkat seorang wali baru.

Demikian isi dari Pasal 352 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 352 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat