Isi/Bunyi Pasal 337 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 337

Baik wali, atas beban siapa telah diambil suatu pendaftaran seperti diatas, maupun wali yang dengan suka rela telah menaruh jaminan, dalam hal kedua-duanya itu berhaklah ia, mengakhiri akibatnya, dengan menaruh jaminan lain atas kerelaan Balai Harta Peninggalan atau, dalam hal adanya perbedaan pendapat dengan Balai tentang cukup atau tak cukupnya jaminan yang ditawarkan, dengan putusan Pengadilan Negeri menurut ketentuan dalam pasal 335.

Jika soal tersebut diselesaikan diluar campur tangan Hakim, maka penghapusan hipotik berlangsung atau tuntutan Balai; dalam hal sebaliknya penghapusan itu diperintahkan oleh Hakim dan dilangsungkan oleh penyimpanan hipotik-hipotik karena jabatannya dan atas penunjukan surat perintah Hakim padanya.  

Wali tersebut boleh meminta pengurangan akan jaminan yang telah ditaruhnya, apabila sepanjang pengurusannya harta kekayaan si belum dewasa diluar kesalahannya telah mengalami suatu kemunduran yang besar. Dalam hal adanya perbedaan pendapat antara wali dan Balai tentang hal ini, Pengadilan Negeri memutusnya atas permintaan pihak yang teramat bersedia.

Demikian isi dari Pasal 337 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 337 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat