Isi/Bunyi Pasal 335 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 335

Dalam waktu satu bulan setelah perwalian mulai berjalan atau jika sepanjang perwalian harta kakayaan si anak belum dewasa sangat bertambah, dalam waktu satu bulan setelah mendapat tegoran untuk itu dari Balai Harta Peninggalan, tiap-tiap wali, kecuali perkumpulan-perkumpulan, yayasan-yayasan dan lembaga-lembaga amal tersebut dalam pasal 365, berwajib atas kerelaan Balai tersebut dan guna menjamin pengurusan mereka, menaruh suatu ikatan jaminan ataupun, memberi hipotik atau gadai atau akhirnya, menambahkan jaminan-jaminan yang telah ada.

Atas tuntutan Balai Harta Peninggalan, hipotik itu harus didaftarkan.

Dalam hal adanya perbedaan pendapat antara wali dan Balai tentang cukup atau tak cukupnya jaminan yang dipertaruhkan, Pengadilan Negeri memutuskan atas permintaan pihak yang teramat bersedia. 

Apabila harta kekayaan si anak belum dewasa dianggapnya kurang, Balai berkuasa membebaskan si wali dari kewajiban tersebut dalam ayat ke satu pasal ini, namun boleh pun ia sewaktu-waktu menuntut pertaruhan jaminan menurut ayat ke satu dan ke tiga.

Demikian isi dari Pasal 335 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 335 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat