Isi/Bunyi Pasal 319 f KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 319 f

Pemeriksaan perkara berlangsung dalam sidang dengan pintu tertutup.

Dalam waktu sesingkat mungkin setelah berlangsungnya pemeriksaan terakhir keputusan disertai dengan alasan-alasannya harus diucapkan dalam sidang terbuka; keputusan itu boleh dinyatakan segera dapat dilaksanakan kendati perlawanan atau banding, dengan atau tanpa ikatan jaminan dan semua itu atas naskah aslinya.

Apabila orang yang pembebasan atau pemecatannya diminta atau dituntut, atas panggilan telah tidak datang menghadap, maka bolehlah ia terhadap keputusan pembebasan atau pemecatan itu memajukan perlawanan dalam waktu tiga puluh hari setelah keputusan itu atau suatu perbuatan yang dilakukan atas kekuatan atau untuk melaksanakannya, diberitahukan kepadanya sendiri, atau setelah dia sendiri melakukan suatu perbuatan yang secara mutlak memberi kesimpulan, bahwa keputusan itu atau permulaan akan pelaksanaannya sudahlah diketahui olehnya.

Orang yang permintaannya akan pembebasan atau pemecatan dari suatu kekuasaan orang tua telah ditolak dan Jawatan Kejaksaan yang dituntutannya dengan maksud yang sama telah ditolak pula, seperti pun orang yang kendati telah datang menghadap namun dibebaskan atau dipecat dari kekuasaan orang tuanya, seperti pun akhirnya orang yang perlawanannya telah ditolak semua itu boleh memajukan permohonan banding dalam waktu tiga puluh hari setelah keputusan diucapkan.

Jika permintaan atau tuntutan yang dimajukan itu adalah sesuatu untuk pemecatan, maka Pengadilan Negeri adalah leluasa, selama pemeriksaan berjalan untuk sementara menghentikan orang tua digugat dari kekuasaan orang tuanya seluruhnya atau untuk sebagian, dan memberikan kepada orang tua yang lain atau kepada orang tua yang ditunjuk oleh Pengadilan, ataupun kepada Dewan Perwalian, kekuasaan-kekuasaan terhadap diri dan harta kekayaan anak-anak sepantas  timbangan Pengadilan.

Terhadap penetapan menurut ayat yang lalu, permintaan untuk bandingan tak diperbolehkan, Penetapan itu berlaku sampai putusan tentang pemecatan memperoleh kekuatan mutlak.

Biaya pemeliharaan dan pendidikan anak-anak belum dewasa, yang menurut ayat ke lima harus dikeluarkan oleh orang yang ditunjuk oleh Pengadilan, atau yang dikeluarkan oleh Dewan Perwalian, boleh diperhitungkan pada harta kekayaan dan pendapatan anak-anak dan jika anak-anak itu tak mampu, dari harta kekayaan dan pendapatan anak-anak dan jika anak-anak itu tak mampu dari harta kekayaan dan pendapatan orang tua mereka; kedua orang tua ini adalah tanggung menanggung bertanggung jawab.

Barangsiapa untuk perhitungan tanggung jawab yang demikian, memajukan tuntutan di muka Hakim harus dianggap telah memperoleh izin dari Hakim untuk berperkara dengan Cuma-Cuma. Ketentuan ini tak berlaku bagi mereka yang sebelumnya telah pernah memajukan tuntutan yang demikian dan tuntutannya pernah ditolak.

Demikian isi dari Pasal 319 f KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 319 f KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat