Isi/Bunyi Pasal 303 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 303

Apabila si anak pada hari yang telah ditentukan untuk mendengar akan dia, tidak datang menghadap, maka Pengadilan harus menangguhkan pemeriksaan itu sampai hari yang harus ditentukan pula dan memerintahkan, agar kiranya anak itu pada hari tersebut oleh juru sita atau polisi dibawa di depannya; penetapan ini dilaksanakan atas perintah Jawatan Kejaksaan; apabila ternyata pada hari yang kemudian itu pun anak tidak datang menghadap maka bolehlah Pengadilan memerintahkan atau menolak penampungan anak itu tanpa mendengar akan dia.

Dalam memerintahkan penampungan yang demikian, Pengadilan Negeri  tak usah memperhatikan tertib acara lebih lanjut, melainkan perintah itulah yang harus diberikan, perintah mana tak usah di sertai dengan alasan-alasannya.

Apabila Pengadilan dalam penetapannya memutuskan, bahwa baik si pemangku kekuasaan orang tua, maupun si anak, keduanya tak mampu membiayai penampungan itu, maka segala biaya harus dibebankan kepada Negara.

Penetapan Pengadilan yang memerintahkan sesuatu penampungan harus dilaksanakan atas perintah Jawatan Kejaksaan dan atas permintaan si pemangku kekuasaan orang tua.

Demikian isi dari Pasal 303 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 303 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat