Isi/Bunyi Pasal 1983 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 1983

Pemberitahuan, menurut pasal 1979, kepada salah seorang yang berutang secara tanggung menanggung, atau pengakuan orang tersebut, mencegah daluwarsa terhadap orang-orang berutang yang lainnya, bahkan pula terhadap ahli waris-ahli waris mereka.

Pemberitahuan yang dilakukan kepada salah seorang ahli waris seorang berutang secara tanggung menanggung, atau pengakuan ahli waris tersebut, tidaklah mencegah daluwarsa terhadap ahli waris-ahli waris yang lainnya, bahkan tidak dalam halnya suatu utang hipotik; terkecuali apabila perikatannya tak dapat dibagi-bagi.

Dengan pemberitahuan atau pengakuan ini daluwarsa terhadap orang-orang yang turut berutang  lainnnya, tidaklah dicegah lebih lanjut selain untuk bagian ahli waris tersebut.

Untuk mencegah daluwarsa seluruh utangnya terhadap orang-orang yang turut-berutang lainnya, diperlukan suatu pemberitahuan kepada segenap ahli waris tersebut atau suatu pengakuan yang dilakukan oleh segenap ahli waris itu.

Demikian isi dari Pasal 1983 KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257.

Sumber : Pasal 1983 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat