Isi/Bunyi Pasal 1602 w KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 1602 w

Si majikan diwajibkan untuk mengatur dan memelihara ruangan2, piranti2 atau perkakas2 dalam mana atau dengan mana ia menyuruh melakukan pekerjaan sedemikian rupa, begitu pula untuk mrngrnai hal melakukannya pekerjaan mengadakan aturan yang sedemikian serta memberikan petunjuk2, hingga si buruh diperlindungi terhadap habaya bagi jiwa, kerhormatan dan harta bendanya, sebegitu jauh, sebagaimana dapat dituntut sepantasnya berhubung dengan sifat pekerjaan.

Jika kewajiban2 itu tidak dipenuhi, si majikan diwajibkan mengganti kerugian yang karenanya menimpa si buruh dalam menjalan pekerjaannya, kecuali apabila ia dapat membuktikan bahwa tidak dipenuhinya kewajiban2 itu disebabkan karena keadaan memaksa atau bahwa kerugian tersebut sebagian besar ada juga disebabkan oleh kesalahan kasar dari si buruh sendiri.

Jika sebagai akibat dari tidak dipenuhinya kewajiban2 itu oleh si majikan, si buruh didalam memlakukan pekerjaannya mendapat luka yang sedemikian hingga ia meninggal karenanya, maka si majikan diwajibkan memberikan ganti rugi kepada suami atau istri si buruh yang ditinggalkan, anak2 atau orang tua si meninggal, yang lazimnya dipelihara dengan pekerjaannya, kecuali apabila si majikan itu dapat membuktikan, bahwa tidak dipenuhinya kewajiban2 itu disebabkan oleh kesalahan kasar dari si buruh sendiri.

Tiap janji yang kiranya akan mengakibatkan bahwa kewajiban2 si majikan ini dikecualikan atau dibatasi adalah batal.

Dengan undang2 namiun itu dapat diadakan aturan2 yang menetapkan. Bahwa kewajiban mengganti kerugian. Yang dimaksud dalam ayat kedua dan ayat ketiga, oleh simajikan dapat dilimpahkan kepada orang2 lain.

Demikian isi dari Pasal 1602 w KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Sumber : Pasal 1602 w KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat