Isi/Bunyi Pasal 1602 e KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 1602 e

Jika upah seluruhnya atau sebagian terdiri atas suatu jumlah yang digantungkan pada sesuatu keterangan yang harus dapat ternyata dari pemegangan buku si majikan, maka berhaklah si buruh untuk meminta kepada si majikan diberitahukannya surat-surat bukti yang sedemikian sebagaimana diperlakukannya untuk mengetahui keterangan tersebut.

Dengan persetujuan yang dibuat tertulis atau dengan reglemen dapat ditentukan bahwa pemberitahuan surat-surat butki tersebut tidak akan dilakukan kepada masing-masing buruh tersendiri, tetapi sebagai gantinya akan dilakukan kepada sejumlah buruh tertentu yang bekerja pada si majikan atau kepada seorang ahli atau lebih dalam hal pemegangan buku yang semuanya ditunjuk oleh para buruh secara tertulis.

Pemberitahuan-pemberitahuan surat-surat butki oleh atau atas kuasa si majikan jika dikehendaki, dilakukan dengan kewajiban yang dinyatakan dengan tegas bahwa si buruh dan siapa yang menurut ayat yang lalu mewakilinya, harus merahasiakannya sekali kali dapat mewajibkan merahasiakannya terhadap si buruh.

Kewajiban merahasiakan dihapuskan sekadar perlu, jika laporan dibantah dimuka Peengadilan.

Sekadar keterangan, yang dimaksud dalam ayat kesatu, mengenal keuntungan yang diperoleh didalam perusahaannya si majikan atau didalam sebagian dari perusahaan itu, maka dapatlah diadakan penyimpangan dari ketentuan-ketentuan ayat kesatu bahkan dengan suatu cara lain dari pada yang diterangkan dalam ayat kedua, namun itu dengan pengertian bahwa dengan mengingat ketentuan ayat kedua, senantiasa kepada si buruh harus di berikan suatu laporan tertulis yang terang serta jelas, dari mana ternyata perhitungan jumlah yang dimaksudkan dalam ayat kesatu.

Dengan tidak mengurangi berlakunya ayat keempat, pemberian laporan yang dimaksudkan dalam ayat yang lalu, jika dikehendaki, harus dilakukan dengan kewajiban merahasiakan oleh si buruh seperti diuraikan dalam ayat ketiga.

Demikian isi dari Pasal 1602 e KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Sumber : Pasal 1602 e KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat