Isi/Bunyi Pasal 1601 k KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Pasal 1601 k

Jika selama perhubungan kerja ditetapkan suatu reglemen yang telah ada dirubah, maka reglemen baru atau reglemen yang telah dirubah ini hanyalah berlaku bagi si buruh, jika suatu lembar lengkap dari rancangannya reglemen atau perubahan-perubahan yang dirancangkan, sebelumnya ditetapkan, selama suatu waktu disediakan untuk dibaca dengan cuma-cuma oleh si buruh, sehingga dapat memikir masak-masak tentang isinya.

Jika si buruh, setelahnya reglemen baru atau reglemen yang dirubah, ditetapkan, tidak dapat menyetujuinya, maka dapatlah ia dalam jangka waktu empat minggu setelah ia mengetahui penetapan itu, menuntut dimuka Hakim supaya persetujuannya perburuhan dibatalkan. Setelah pihak lawan diperiksa atau dipanggil secara sah, Hakim memutus dalam tingkatan terakhir dan ia akan mengabulkan tuntutan, kecuali jika ia berpendapat bahwa si buruh tidak atau tidak sebegitu banyak dirugikan oleh reglemen baru atau reglemen yang dirubah. Dalam menunggu putusan Hakim dan apabila gugatan ditolak, perhubungan kerja berlangsung terus, sedangkan reglemen baru atau reglemen yang dirubah adalah sah sejak hari ia mulai berlaku. Jika gugatan dikabulkan, Hakim menetapkan pada saat mana perhubungan kerja akan berakhir dan si buruh berhak atas suatu ganti rugi berdasarkan apa yang ditentukan dalam pasal 1603 q dalam halnya pengakhiran oleh si majikan.

Tiap janji yang bertentangan dengan sesuatu ketentuan dalam pasal ini adalah batal.

Demikian isi dari Pasal 1601 k KUHPerdata diatas, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua. Salam Yuridis.ID

Untuk informasi konsultasi, kerjasama promosi berbayar (iklan) dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Sumber : Pasal 1601 k KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Anda mungkin juga berminat