Majalah Varia Peradilan Cover

IPSO Iure Compensatur Dalam Perkara Kepailitan

Kategori : Putusan Terpilih

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Nomor : 35/PAILIT/ 1999/PN.NIAGA.JKT.PST

Tanggal : 28 Juni 1999

Mahkamah Agung RI

Nomor : 023.K/N/ 1999

Tanggal : 16 Agustus 1999

Catatan :

  • Dari putusan Majelis Mahkamah Agung tersebut diatas diangkat “Abstrak Hukum” sebagai berikut :
  • Prinsip process pemeriksaan permohonan kepailitan ex pasal 6 (3) UU No. 4 tahun 1998 merupakan acara pemeriksaan yang cepat, (Expeditied) dengan sistim pembuktian yang sederhana.
  • Didalam suatu perkara kepailitan yang diajukan ke Pengadilan Niaga, dimana didalam perkara tersebut mengandung indikasi perkara adanya claim dengan contra claim atau adanya problema hukum berupa “Exceptio non adempletio Contractus” berhadapan dengan “Ipso Iure Compensatur”, (ex pasal 1426 BW), maka problema hukum ini akan berdampak; bahwa Hakim Niaga akan melakukan pemeriksaan dengan acara pembuktian yang sulit – rumit dan berkepanjangan untuk dapat membuktikan siapakah yang mempunyai utang dan apakah para pihak sama-sama dalam keadaan wanprestasi (default). Karena itu, perkara kepailitan yang mengandung unsur yang demikian itu, dihubungkan dengan ketentuan 6 (3) UU No. 4 tahun 1998, maka perkara a quo, tidak dapat diselesaikan melalui permohonan/proses kepailitan – insolvensi – di Pengadilan Niaga, melainkan melalui jalur penyelesaian gugatan perdata di Pengadilan Negeri.
  • Demikian catatan dari kasus ini.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.182. Tahun. XVI. Nopember 2000. Hlm. 14-15

Putusan Tersedia : Pengadilan Niaga & Mahkamah Agung RI (Tingkat Kasasi)

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257

Anda mungkin juga berminat