Ingin Mengadopsi Anak 20 Tahun??? Bolehkah Menurut Hukum?

Sumber Foto : https://www.keithallenlaw.com/wp-content/uploads/sites/2303/2017/02/Adoption.jpg

Pertanyaan :

selamat pagi min, saya seorang pengusaha dan seorang suami berusia 30 tahun. Saya dan Istri saya sudah lama menikah, namun tak kunjung dikasih keturunan. Yang jadi pertanyaan saya, jika saya ingin mengadopsi anak tetapi usianya 20 tahun, apakah bisa? Tolong penjelasannya min. Terimakasih.

Jawaban :

Terimakasih atas pertanyaan menariknya,

Aturan tentang adopsi anak telah dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (UU Perlindungan Anak ) dengan peraturan pelaksana berupa Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak (PP Adobsi) dan dijelaskan lebih rinci dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 110 Tahun 2009 (PERMEN) tentang Persyaratan Pengangkatan Anak.

untuk menjawab pertanyaan anda, anda bisa lihat pada Peraturan Menteri Sosial Nomor 110 Tahun 2009 (PERMEN) tentang Persyaratan Pengangkatan Anak tepatnya pada pasal 6 PERMEN, bahwa persyaratan Calon Anak Angkat meliputi:

1.anak yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun;
2.merupakan anak terlantar atau diterlantarkan;
3.berada dalam asuhan keluarga atau dalam Lembaga Pengasuhan Anak; dan
4.memerlukan perlindungan khusus.

Nah, dari point no 1 sudah diatur bahwa kalau anda ingin mengadopsi anak harus berusia dibawah 18 tahun. Karena semakin dini dia berada dalam pengasuhan Anda, maka akan semakin baik pula perkembangannya kelak. Saat anak tersebut berada dalam pangkuan Anda sejak bayi atau setidaknya di bawah tiga tahun, Anda tentu dapat memenuhi kebutuhannya. Sehingga tumbuh kembangnya dapat terpantau secara tepat.

Penjawab :

Tim YuridisID

Anda mungkin juga berminat