Grosse Akta Persetujuan Kredit & Jaminan Dibatalkan

Kategori : PUTUSAN TERPILIH

Pengadilan Negeri :

No. 40/vs/Perd/1981, tgl 31 April 1982
Pengadilan Tinggi :
No. 640/Perd/1982/PT Mdn, tgl 3 Maret 1983

Mahkamah Agung RI

No. 206,K/Pdt/1984, tgl 30 September 1985

Catatan :

  • Mahkamah Agung RI telah memperbaiki amar putusan Judex facti, Pengadilan Tinggi yang memperkuat putusan Pengadilan Negeri, karena dinilai terdapat kekeliruan dalam mempertimbangkan putusannya.
  • Mahkamah Agung RI dalam memberikan putusannya telah membatalkan Penetapan Sita Executie. Ketua Pengadilan Negeri serta Pelelangan Umum yang akan diselenggarakan melalui Kantor Lelang atas tanah sengketa guna melaksanakan Grosse Akta Persetujuan Kredit dan Grosse Akta Pemberian Jaminan, dengan pertimbangan yang pada pokoknya sbb:
  • Bahwa dari hasil persidangan telah terbukti Terlawan II telah melakukan ingkar janji berupa tidak memenuhi Akta Perjanjian No.53 dan Surat Kuasa No.19, yang telah dibuat antara Terlawan II dengan Para Pelawan.
  • Bahwa dengan adanya ingkar janji yang telah dilakukan oleh Terlawan II tersebut di atas, maka tanah sengketa masih tetap menjadi miliknya para Pelawan.
  • Bahwa dengan demikian maka Grosse Akta Persetujuan Kredit No. 2 dan Grosse Akta Pemberian Akta Pemberian Jaminan No.54 yang dibuat antara Terlawan I (pihak Bank) dengan Terlawan II (nasabah), setelah adanya Akta Perjanjian No.53 dan Surat Kuasa diatas, adalah tidak syah dan tidak mempunyai akibat Hukum terhadap tanah milik Pelawan yang telah disita executie dan akan dilelang tsb.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.18.Tahun. II. Maret.1987. Hlm. 22.

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi & Mahkamah Agung RI.

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat