“Front Kedaulatan Maluku” “Republik Maluku Selatan” Delik Makasar

Kategori: PUTUSAN TERPILIH

Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Nomor : 906/PID.B/2002/PN.Jkt.Ut

Tanggal : 28 Januari 2003

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Nomor : 44/PID/2003/PT.DKI

Tanggal : 10 April 2003

Mahkamah Agung RI

Nomor : 1180.K/Pid/2003

Tanggal : 29 Oktober 2003

Catatan :

  • “Abstrak Hukum” yang dapat diangkat dari putusan Badan Peradilan Judex Facti yang dibenarkan oleh Mahkamah Agung adalah sebagai berikut:
  • Terdakwa telah mendirikan Organisasi Sosial bernama “FKM” = “Front Kedaulatan Maluku” yang berkedaulatan di Ambon, Maluku dengan susunan Pengurus Pusat yang terdiri dari Pimpinan Eksekutif (Terdakwa) – Pimpinan Legitimasi dan Judikatif serta Sekretariat Jendral. Selanjutnya dibentuk beberapa “Cabang FKM” diberbagai Kota di Dalam Negeri dan di Luar Negeri.
  • “Organisasi FKM” tersebut dibentuk sebagai wadah, dalam rangka usaha untuk memperjuangkan pengambilan Kedaulatan Republik Maluku Selatan (atau RMS) sebagai suatu Negara yang sah dan berdaulat, lepas/terpisah dari Wilayah Negara Kesatuan RI (separatisme).
  • Kegiatan yang dilakukan oleh Terdakwa selaku Pimpinan Eksekutif “FKM” dan kawan-kawannya dalam usaha mewujudkan tujuan “FKM” antara lain:
  1. Membuat sutar-surat tentang tujuan “FKM” kembalinya RMS sebagai negara yang sah terpisah dari NKRI; surat tersebut ditujukan kepada Pejabat-pejabat di Dalam Negeri maupun Badan-badan Internasional.
  2. Mengadakan pertemuan-pertemuan untuk memberikan pengarahan kepada para anggauta/Simpatisan FKM.
  3. Mempersiapkan HUT Proklamasi “RMS” yang ke 52 dengan membagikan-bagikan “Surat Terbuka” dan menyerahkan “Bendera RMS”.
  4. Mengibarkan “Bendera RMS” diberbagai desa dan Kecamatan Maluku Tengah sewaktu HUT RMS ke 52 tersebut.
  • Semua pembuatan terdakwa dan kawan-kawannya tersebut diatas, telah memenuhi semua unsur delik “Tindakan Pidana Makar”, secara bersama-sama dan berkelanjutan”.

Ex pasal 106 jo pasal 55 ayat (1) jo pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

  • Demikian catatan atas putusan diatas.

Sumber : Majalah Hukum Varia Peradilan No.224. Tahun. XIX.Mei.2004.Hlm.4

PUTUSAN TERSEDIA : PERADILAN MAHKAMAH  AGUNG R.I.

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

 

Anda mungkin juga berminat