Buang Limbah Medis Sembarangan? Hati-Hati Dipidana!

 

Pertanyaan :

Selamat pagi menjelang siang admin yuridis ID, izin bertanya mengenai limbah medis yang dibuang sembarangan. Waktu itu saya sedang membawa beberapa sampah dari rumah saya untuk dibuang ke pembuangan sampah yang jaraknya hanya 1 Km dari rumah saya. Kemudian saat tiba di pembuangan sampah, saya tidak sengaja  menjumpai sampah berupa alat kesehatan yaitu suntik. Nah, sebagai orang awam yang saya tahu bahwa limbah medis tersebut biasanya tidak dibuang di pembuangan sampah biasa karena bisa jadi limbah medis tersebut mengandung bahan berbahaya dan beracun. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana pengaturan hukumnya dan apakah pelaku yang membuang limbah medis sembarangan dapat dipidana? Terimakasih

Jawaban :

Terimakasih atas pertanyaan yang diberikan, sebelum kita masuk tentang apakah membuang limbah medis sembarangan dapat dipidana atau tidak. Beberapa point akan kami jelaskan terlebih dahulu yaitu:

  1. Limbah medis atau sampah medis yang berasal dari Rumah Sakit, Fasilitas Kesehatan dan Puskesmas termasuk ke dalam jenis sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga yang dimaksud berdasarkan UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah pada pasal 2 ayat 3 bahwa Sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana dimaksud berasal dari kawasan komersial, kawasan industri, kawasan khusus, fasilitas sosial, fasilitas umum, dan/atau fasilitas lainnya.
  2. Fasilitas kesehatan penghasil limbah atau sampah medis wajib menyediakan fasilitas pemilahan sampah.
  3. Tata cara penyediaan fasilitas pemilahan sampah diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.
  4. Dalam PP Nomor 81 Tahun 2012 menyebutkan bahwa tata cara penyediaan fasilitas pemilihan sampah terdiri dari :
  5. melakukan pemilahan sampah; (diatur pada Pasal 17)
  6. pengumpulan sampah; (diatur pada Pasal 18)
  7. pengolahan sampah. (diatur pada Pasal 21)

Jika rumah sakit dan fasilitas kesehatan tidak melakukan pengolahan sampah medis dengan baik, sehingga menimbulkan efek yang sangat berbahaya bagi lingkungan terutama lingkungan masyarakat, maka dapat dipidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 10 tahun dan denda antara Rp100 juta hingga Rp5 miliar (Lihat Pasal 40 ayat (1) UU Pengelolaan Sampah).

Selain itu di UU Lingkungan Hidup Nomor 32 Tahun 2009 tepatnya di Pasal 60 mengatur bahwa:

Setiap orang dilarang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin.”

 

Dumping (pembuangan) adalah kegiatan membuang, menempatkan, dan/atau memasukkan limbah dan/atau bahan dalam jumlah, konsentrasi, waktu, dan lokasi tertentu dengan persyaratan tertentu ke media lingkungan hidup tertentu. (Lihat Pasal 1 Angka 4 UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup)

Jika melakukan dumping tersebut, maka akan dikenai sanksi pidana sesuai yang diatur dalam UU Nomor 32 Th 2009 yaitu :

”Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin di atas dipidana dengan pidana penjara paling lama tiga tahun dan denda paling banyak Rp. 3 miliar.”

Demikian jawaban atas pertanyaan yang diberikan, semoga jawaban dari kami dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih.

 

Penjawab:

Tim Yuridis.ID

Anda mungkin juga berminat