Anda Salah Satu Suporter Bola Yang Brutal ? Berikut Ancaman Pidana Yang Siap Menjerat

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2017/10/suporter-bola-7cbd0bb1fc7f493def93638783f47d02_600x400.jpg

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa Suporter adalah kumpulan dari beberapa orang yang memberi dukungan atau sokongan pada pertandingan yang spesifik, namun keberadaan supporter pada kenyataannya begitu lekat dengan pertandingan olahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa supporter Indonesia merupakan supporter terbaik di dunia karena anstusiasme mereka para penggemar sepak bola yang tidak hanya kaum adam bahkan kaum hawa ikut serta memeriahkan serta memberi dukungan kepada team sepak bola kesukaannya. Orang tua pun ikut serta membawa anak-anaknya menonton bola agar menumbuhkan rasa cinta akan tanah air Bangsa Indonesia semenjak usia dini.

Tetapi ada beberapa supporter sepak bola yang brutal saat klub kesayangannya kalah bertanding. Perilaku nakal supporter yang brutal ini berperilaku nakal bahwa merusak hingga bahkan melakukan perkelahian, merusak fasilitas umum dan intimidasi terhadap klub lain.Perilaku negative supporter ini memiliki dampak negatif yang dapat dirasakan oleh masyarakat yakni perilaku anarkis yang tidak hanya merugikan mereka dan klub, tetapi juga berdampak pada masyarakat yang merasa takut dan cemas.

Contohnya saja, kita semua pasti mengetahui sebuah peristiwa yang terjadi tepat pada bulan september di tahun 2018 yakni meninggalnya salah seorang supoter Persija Jakarta, Haringga Sirila yang murni kematiannya dikarenakan tindak criminal pengeroyokan dan penganiayaan yang menyebbkan kematian. Karena kasus ini hingga membuat pihak kepolisian  turun tangan untuk mengusut dan diselesaikan secara hukum.

Walaupun ruang lingkupnya masih terjadi saat pertandingan sepak bola, maka organisasi ataupun lembaganya seperti Persib ini tidak bisa dibebankan kesalahan. Karena hal ini adalah pelaku kesalahan yang dilakukan oleh oknum-oknum.

Maka, para tersangka ini dijerat Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pengeroyokan yang menyatakan bahwa :

  • Barangsiapa terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang, diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan.
  • Yang bersalah diancam :

ke-1. dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun, jika dengan sengaja menghancurkan barang atau jika kekerasan yang digunakan mengakibatkan luka-luka

ke-2. dengan pidana penjara paling lama 9 (sembilan) tahun, jika kekerasan mengakibatkan luka berat ;

ke-3. dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun, jika kekerasan mengakibatkan maut.

Kita boleh saja mendukung team sepak bola kesayangan kita agar para pemain memiliki semangat saat melakukan pertandingan demi nama sebuah klub atau daera. Tetapi hendaklah kita sebagai team pendukung agar memberikan dukungan yang positif agar menghasilkan hal yang positif juga dan jauhi hal-hal yang negatif demi masa depan yang lebih baik. Karena jangan sampai hal-hal seperti ini, sebab seharusnya kita mengutamakan menggapai masa depan yang lebih cerah. Salam Yuridis.id

 

Sumber : Kitab Undang-Undang Hukum Pidana 

Anda mungkin juga berminat