Akta Notaris Yang Di Buat Proforma Dan Bertentangan Dengan Kebenaran Materil

Kategori : PUTUSAN TERPILIH

Pengadilan Negeri di Malang:

No. 235/Pdt/G/1989/PN. Mlg , tanggal 19 September 1990.

Pengadilan Tinggi Jawa Timur di Surabaya :

No. 893/Pdt/1990/PT.SBY, tanggal 20 Februari 1991.

Mahkamah Agung RI:

No. 2510.K/Pdt/1991, tanggal 8 April 1993.

Catatan :

  • Abstrak Hukum yang dapat diangkat dari putusan Mahkamag Agung RI ini adalah sebagai berikut :
  • Lembaga Hukum “Jual-Beli Tanah Dengan Hak Beli Kembali” yang diatur dalam pasal 1519 B.W., dengan berlakunya Undang-Undang Pokok Agraria No. 5/ tahun 1960 beserta Peraturan Pelaksanaannya, maka Lembaga Hukum tersebut sudah tidak dikenal lagi dalam Sistim Hukum Agraria Nasional. Sehingga Jual-Beli Tanah dengan Hak Membeli Kembali sudah tidak ada landasan hukumnya.
  • Lembaga Jual-Beli Tanah harus berlandaskan pada U.U. No. 5/1960 jo P.P. No. 10/1961 yang pada hakekatnya berintikan asas hukum adat.
  • Hal yang demikian itu sudah merupakan “Jurisprudensi Tetap” dari Mahkamah Agung yang seharusnya diikuti oleh para Hakim – judex facti, sehingga putusannya tidak dibatalkan oleh Mahkamah Agung.
  • Serorang Notaris yang membuat akta Authentik secara pura-pura (proforma) dan materinya akta tersebut tidak sesuai dengan kenyatan (fakta) yang sebenarnya, bahkan bertentangan dengan kebenaran materiil, maka Akta Notaris yang dibuat demikian itu adalah batal demi hukum sejak akta tersebut diterbitkan.
  • Suatu Akta Pengakuan Hutang – Grosse Akta Pengakuan Hutang yang dibuat seorang Notaris yang isinya bertentangan dan tidak sesuai dengan kebenaran materiil bahkan bertentangan dengan pengertian hukum tentang Lembaga Pengakuan Hutang sebagaimana yang dimaksudkkan dalam ketentuan pasal 224 H.I.R., maka¬† Akta Notaris yang demikian ini adalah batal demi hukum sejak saat akta ini diterbitkan oleh Notaris tersebut.
  • Demi perlindungan hukum, maka para Notaris harus secara sungguh-sungguh dan seksama, di dalam membuat Akta Notariil, isinya seharusnya berdasarkan pada fakta kebenaran materiil.
  • Demikian peringatan yang diberikan oleh Mahkamag Agung kepada para Notaris melalui putusan kasasi ini.
  • Demikian Catatan atas kasus ini.

Sumber :

Majalah Hukum Varia Peradilan No.104.Tahun. IX. Mei.1994. Hlm. 51-52.

Putusan Tersedia : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, & Mahkamah Agung RI

“Untuk pemesanan pengetikan kembali naskah putusan/yurisprudensi silahkan menghubungi : WA: 0817250381 dan untuk informasi konsultasi dan mengundang kami, silahkan hub no WA (hanya pesan) : 0811-2881-257 ”

Anda mungkin juga berminat