Good Credit Score

5 Tingkatan Golongan Kolektabilitas

Sumber Foto : paymentweek.com

Setelah kita mengajukan informasi debitur melalui SLIK OJK. Tentunya kita akan mengetahui dan mendapatkan hasil berupa informasi debitur. Di informasi tersebut akan tertera seberapa bagus skor kita (terbagi dalam beberapa golongan kolektabilitas). Berikut pembagiannya:

  • Kolektabilitas 1 berarti kredit lancar
  • Kolektabilitas 2 berarti kredit dalam perhatian khusus/DPK: 90 hari
  • Kolektabilitas 3 berarti kredit tidak lancar: 120 hari
  • Kolektabilitas 4 berarti kredit diragukan: 180 hari
  • Kolektabilitas 5 berarti kredit macet: >180 hari

Skor yang paling bagus adalah kolektabilitas 1, yang menandakan Anda tidak pernah melakukan penunggakkan dalam beberapa waktu terakhir, dan selalu tidak pernah terlambat melakukan pembayaran. Orang dengan skor kolektabilitas 1 biasanya akan lebih mudah mengajukan pinjaman ke pihak bank, karena dianggap lebih dapat dipercaya.

Jika Anda tergolong dalam kolektabilitas 2, berarti ada baiknya untuk segera melakukan pelunasan karena tingkat kepercayaan bank atau lembaga pinjaman, sudah mulai berkurang.  Lalu, jika skor Anda rendah (misalnya 3-5), biasanya Anda akan lebih sulit untuk mengajukan pinjaman.

Selanjutnya, angka 0 di dalam kotak kecil menunjukkan jumlah hari pinjaman yang tertunggak. Pada kolom ini akan terlihat jelas berapa lama debitur sudah menunda pembayaran pinjaman uang/kredit barang yang dimilikinya. Pada gambar yang tertera angka 0, berarti debitur tidak pernah menunggak ke bank.

Nah, itu dia pembagian kolektabilitas. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : SLIK OJK.go.id

Anda mungkin juga berminat